Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Bagi Pemula

 Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Bagi Pemula

Membangun sebuah bisnis tentu tidak semudah membalikkan tangan banyak pertimbangan baik dari sisi permodalan, risiko bisnis dan banyak hal-hal lain yang mungkin kita pikir bisa menjadi rintangan dalam memulai sebuah bisnis. Kali ini Masbilal akan mencoba menulis sebuah artikel tentang cara memulai bisnis Online dari nol bagi pemula.

Sebelum kita akan memulai bisnis online tentu kita harus memiliki rencana bisnis, rencana-rencana ini sebaiknya sangat dimatangkan perhitungan dan kemungkinannya baik dari modal, tempat, supplier atau penyedia barang / jasa yang akan kita olah/pasarkan maupun dari calon end user atau para calon konsumen akhir yang akan menggunakan jasa atau pun akan membeli produk kita. Dan untuk secara garis besar Masbilal akan memaparkan langkahnya satu persatu

Rencana Bisnis Online

Untuk rencana bisnis online ini kita harus memilih bisnis online apa yang akan di geluti dan kita harus fokus di salah satu jenis atau lini bisnis online yang akan kita bangun ini. Apakah bisnis yang akan kita jalani adalah bisnis jual beli online seperti membangun toko online baik di marketplace maupun di website sendiri, berjualan konten seperti membuat blog, video di youtube atau foto di instagram, menjual produk-produk digital seperti ebook atau software, menjadi affiliate marketer ataupun dropshipper.

Rencana ini harus kita matangkan dan sebaiknya kita tuliskan tahapan-tahapan dari awal sampai akhir dan diharapkan tingkat kesuksesan dari rencana itu sampai 99% kemungkinan suksesnya, karena jika di rencana saja kita masih di 50 : 50 maka seiring waktu apa lagi jika bisnis kita di isi oleh kompetitor yang sangat banyak dan persaingan yang ketat sehingga sedikit saja kita merasa barang kita tidak laku atau jasa kita tidak ada yang mau menggunakan maka semangat untuk terus menjalankan bisnisnya menjadi turun dan akhirnya biasanya kita jadi menyerah sendiri karena bisnis yang bagus biasanya akan memiliki kompetitor yang banyak juga.

Jika anda ingin menjadi seorang pebisnis internet atau internet marketer maka fokus dan ketekunan menjadi salah satu poin penting dalam pelaksanaannya. Jangan sampai ketika anda sedang membangun sebuah toko online dan melihat di televisi banyak artis-artis youtuber baru atau selegram-selegram baru yang mendapatkan penghasilan yang fantastis sangat tinggi dan menggiurkan maka anda langsung bersiap meninggalkan bisnis online anda dan pengen mencoba menjadi seorang selegram / youtuber, padahal anda sendiri tidak memiliki pengalaman dan belum memiliki ilmu tentang cara cara menjalankan bisnis seperti YouTubers atau selegram
Persiapan Modal
Modal merupakan hal yang penting juga untuk anda persiapkan sebagai awal dari persiapan memulai bisnis online anda. Modal di sini bisa di artikan sebagai modal sumber daya seperti komputer, listrik, internet, modal tempat, dan modal secara finansial untuk membiayai produk/jasa yang akan anda pasarkan.
Untuk cara memulai bisnis online dari nol tanpa modal besar sebenarnya bisa di akali / di siasati agar kita hanya keluar modal kecil sekali karena sistem bisnis online yang berbeda dengan bisnis konvensional dimana kita harus menyiapkan tempat untuk menawarkan produk / jasa yang akan kita jual terkadang untuk cara memulai bisnis online dari nol kita tidak memerlukan tempat yang terlalu besar, bahkan produk / jasa yang akan kita jual pun terkadang tidak kita lihat tetapi sudah kita ketahui dan bisa kita jual. contoh jika kita berjualan dropship dari marketplace seperti tokopedia, bukalapak, shopee, dll dengan bekerja sama dengan toko lain yang sudah kita percayai produknya maka kita hanya perlu menawarkan di tempat lain seperti di jual kembali di facebook tanpa produknya kita lihgat secara fisik dulu.
Bayangkan juga sistem permodalan bisnis penawaran jasa angkutan online yang di tawarkan oleh grab/gojek apakah kedua perusahaan online itu memiliki mobil / motor sebagai modal untuk mengantarkan konsumennya? mereka mensiasati modal dan sistem bisnis onlinenya sehingga mereka tidak perlu mengeluarkan modal belasan juta untuk motor atau ratusan juta untuk mobil-mobil dengan tahun pembuatan masih di bawah 5 tahun untuk ikut bergabung menjadi mitra dan menjadi bagian dari sistem bisnis mereka
Mulailah Bisnis Online Anda

Setelah anda buat rencana dengan matang maka hal kedua yang harus anda lakukan adalah segera eksekusi rencana bisnis anda. 

Jangan terlalu banyak pertimbangan lagi Ketika anda sudah menghitung rencananya dengan matang karena seiring waktu dengan terlalu menimbang rencana yang padahal tadinya sudah matang dan banyaknya kekhawatiran tentang calon bisnis anda yang di takutkan akan merugi akhirnya malah membuat minat dan semangat anda untuk mulai menjalankan bisnisnya turun dan akhirnya hanya menjadi angan-angan karena banyak juga kasus yang sempat Masbilal lihat dimana para pebisnis online ingin mendapatkan hasil yang instan (dengan bekerja sedikit tapi cepat kaya), hal ini sangat salah karena tidak ada bisnis yang instan, bisnis yang baik itu berkembang secara natural dan berkesinambungan jika bisnis kita terlalu cepat naik mungkin ketika masa mature produk atau jasanya bisa-bisa langsung jatuh. jalankan bisnis secara bertahap dan miliki visi serta target-target rencana bisnis ke depan yang harus kita capai.

Promosikan Bisnis Online Anda

Jika bisnis online anda sudah jalan atau sudah dimulai maka hal ketiga yang harus di lakukan adalah mempromosikan bisnis anda. Banyak cara untuk membangun brand atau untuk memperkenalkan nama dagang anda, salah satu cara efektif memasarkan produk ataupun jasa Anda saat ini adalah dengan menggunakan sosial media untuk memperkenalkan dan terus mengembangkan bisnis anda. 10 tahun yang lalu media promosi seperti radio, spanduk, pamflet ataupun televisi adalah pilihan media promosi yang paling unggul. 

Untuk media televisi mungkin bisa jadi pertimbangan utama bagi perusahaan-perusahaan besar untuk mempromosikan produknya tetapi untuk perusahaan-perusahaan kecil mungkin hanya di level radio, pamflet ataupun spanduk untuk mempromosikan produknya.
Kita lihat saat ini lebih banyak orang melakukan aktivitasnya menggunakan handphone baik itu ketika di perjalanan, di kantor, di sekolah/kampus dan di berbagai tempat lainnya bahkan Masbilal sempat denagr ada istilah lebih baik hilang dompet daripada hilang handphone, Kenapa? karena saking pentingnya handphone baik untuk komunikasi, penyimpanan data, mobile banking dan juga banyak hal-hal penting lainnya karena saking pentingnya penggunaan handphone dan ini merupakan peluang bagi anda untuk mencari cara memulai bisnis online dari nol karena banyak orang menggunakan media sosial untuk mencari produk ataupun mencari berita yang dia butuhkan karena hal itu juga peran media sosial memiliki poin promosi lebih besar saat ini di samping itu media sosial juga bisa menjadi media yang gratis meskipun anda juga bisa menggunakan media berbayar seperti memasang iklan di pencariaan Google, iklan time line di Facebook, Instagram dan di beberapa website-website marketplace.
Untuk memulai bisnis online dengan skala kecil sebetulnya pemilihan media sosial mungkin bisa lebih terarah sasarannya, contoh ketika kita tinggal di suatu wilayah / kota coba diperhatikan apakah ada komunitas Facebook yang merupakan kumpulan dari warga kota tersebut dan memiliki minat atau hobi yang berhubungan dengan produk / jasa yang kita tawarkan nah di sana kita bisa menginformasikan dan memperkenalkan produk / jasa kita dan cara kedua yang mungkin bisa di coba yaitu kita bisa mempromosikan produk kita menggunakan website resmi dari organisasi kita, tujuan dari website sendiri yaitu untuk memperkenalkan produk, memperkenalkan organisasi perusahaan (PT, CV ataupun koperasi) tentang bagaimana produk /di pasarkan, informasi tentang siapa saja orang-orang di belakang perusahaan ini, Bagaimana sistem pendistribusian barangnya dan beberapa hal seperti legalitas produk dan sebagainya.

Jika kita sudah memulai bisnis online dan promosi juga sudah dimulai maka hal selanjutnya perlu kita perhatikan adalah perkembangan bisnis online itu sendiri karena jangan sampai kita memulai bisnis online tetapi kita tidak pantau perkembangannya. Perkembangan di sini bisa diasumsikan seperti seberapa besar perkembangan bisnis kita dibanding bulan atau Minggu sebelumnya jika bisnisnya bagus mungkin itu bisa di kembangan terus seperti kita bisa membuka cabang baru ataupun bisa menambah kuantitas produksi dari produk yang kita jual atau menambah jumlah karyawan yang bisa memberikan layanan (jasa).

Penilaian bisnis juga terjadi jika revenue atau pendapatan kita menurun periksa kembali apakah ada kesalahan di target pasar yang tidak terarah, pasar yang mungkin sudah tidak bisa menerima tambahan produk / jasa organisasi kita ataupun bisa juga karena segmentasi pasar yang masih salah seperti misalnya kita menjual makanan, orang yang dituju memang membutuhkan produk yang kita jual dan ternyata produk yang kita jual juga dibutuhkan oleh calon customer masalahnya harga yang ditawarkan tidak masuk dengan keuangan customer maka sudah tentu barang kita tidak akan laku / terjual terkadang kita harus bisa melihat juga seberapa sanggup konsumen mambayar akan produk kita dan seberapa pantas harga yang bisa kita tawarkan agar konsumen mau untuk membeli produk kita.

Jika produk bisnis online kita adalah blog ataupun YouTube persaingan juga lumayan berat tetapi dengan semangat, fokus dan originalitas dari konten yang kita tawarkan YouTube maupun Google memiliki algoritma yang cukup canggih untuk menjaring dan memilih-milih mana saja konten berkualitas dan ketika konten kita berkualitas maka Google pun tidak tidak akan ragu untuk menjadikan konten kita sebagai top pencarian paling atas baik di Google maupun di YouTube.
Pemberian peringkat di google / youtube itu tidak sembarangan, jika ada orang yang mencoba mencari video tentang “cara bertanam hidroponik” maka hasil pencarian yang paling tinggi adalah video kita tentang hidroponik asalkan video kita memiliki poin -poin yang di syaratkan oleh youtube sebagai video yang berkualitas. Dalam artikel cara memulai bisnis online dari nol ini Masbilal ingin memberi saran agar anda tidak menggunakan teknik-teknik promosi yang aneh-aneh karena mengingat Google memiliki algoritma yang sangat detail jadi ketika kita menggunakan algoritma atau trik-trik blackhat ataupun grayhat tertentu justru ditakutkan blog ataupun YouTube kita kena deindex sehingga tercecer menjadi hasil pencarian yang paling bawah dan mungkin orang juga tidak akan mencoba mencarinya.

Salah satu contoh pentingnya ranking google adalah ketika anda mencoba mencari artikel tentang “cara menanam hidroponik” apakah anda mau untuk mencari sampai halaman ke-4 dari atau halaman ke-5 dari halaman pencarian Google? Biasanya kita hanya akan mencari di halaman pertama ataupun halaman keduanya atas dasar itulah kenapa Masbilal mengatakan jika kita mencoba melakukan hal-hal yang dianggap mengakali sistem atau Blackhat biasanya artikel kita bisa di deindex

Pengembangan bisnis online

Pengembangan bisnis online itu dimulai ketika bisnis mulai dirasa berkembang. Kita harus melakukan pengembangan bisnis baik dari sisi volume atau jumlah ataupun bisa juga kita diversifikasi dari bisnis-bisnis yang ada contoh jika kita saat ini berjualan baju-baju muslim mungkin kita bisa menambah dengan berjualan fashion yang lainnya seperti kerudung, jaket ataupun produk-produk yang bisa menjadi pelengkap dari bisnis online yang sudah ada dan perkembangan ini diharapkan kontinuitasnya terus berjalan sehingga bisa membuat kita terus berkembang.
Nah itulah beberapa langkah atau cara memulai bisnis Online dari nol semua berdasarkan pengalaman Masbilal sendiri dan pengalaman dari beberapa rekan-rekan Masbilal. untuk cara pengembangan bisnis, diversifikasi yang lebih lengkap, product life cycle dan lain-lain akan Masbilal tulis di artikel lainnya. Jika dirasa tulisan ini bermanfaat jangan lupa untuk dibagikan baik kepada teman saudara ataupun orang-orang di sekitar anda

Posting Komentar untuk "Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Bagi Pemula"