Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ukuran Tekanan Angin Ban Mobil Ideal


Ukuran Tekanan Angin Ban Mobil


Berapa tekanan angin ban mobil innova ? berapa tekanan angin ban mobil avanza ? atau berapa tekanan angin ban mobil agya ? mungkin pertanyaan itu banyak di tanyakan bagi para pemilik mobil  yang ingin mendapatkan ukuran tekanan udara ideal bagi mobilnya. Tekanan angin yang pas akan menghemat konsumsi bbm, tenaga maksimal dan kenyamanan kejut yang mantap ketika mobil memasuki jalan bebatuan / jalan jelek atau melewati polisi tidur.

kenapa tekanan angin ban mobil yang pas bisa menghemat bbm? karena dengan ukuran yang pas maka beban dari kerja mesin akan maksimal di salurkan ke roda-roda mobil tanpa ada hambatan beban, untuk analogi yang lebih mudah dan lebih terasa mungkin bisa di ibaratkan kalau kita menggunakan sepeda motor dengan kondisi ban kempes maka mesin pun akan bekerja lebih berat karena ada beban atau hambatan dari rodanya dan kestabilan dari motornya sendiri menjadi sangat tidak stabil, nah hal itu pun terjadi pada mobil.

lalu bagaimana kalau kita isi saja dengan tekanan angin yang banyak agar mobil lebih bertenaga ketika di  gas? kalau kita mengisi angin terlalu besar maka ada beberapa hal juga yang menjadi hal negatifnya, pertama ketika memasuki jalan jelek atau bergelombang maka biasanya akan terasa shockbreaker mobil yang mengentak dengan keras dan biasanya membuat kurang nyaman juga untuk penumpangnya selain itu secara tingkat ekonomisnya ban menjadi lebih cepat tipis.

berapakah ukuran tekanan angin ideal untuk ban mobil? setiap mobil memiliki kebutuhan ukuran ban yang berbeda, untuk ukuran tekanan angin ban mobil innova, beberapa orang menyarankan mulai dari 32 - 40 psi tetapi menurut pengalaman saya sendiri sebaiknya ukuran tekanan angin ban mobil innova di isi dengan tekanan 34-35 psi (semua ban termasuk ban serep) karena di angka 33-35 ban terasa lebih empuk ketika melibas jalan jelek dan secara tenaga mobil terasa enteng serta konsumsi bbm juga irit.

Ukuran tekanan angin ban mobil avanza ataupun xenia hampir sama dengan ukuran tekanan angin ban innova karena kedua jenis mobil itu 7 seater dan sama-sama tipe mobil MPV (Multi Purpose Vehicle), untuk ukuran tekanan angin ban avanza / xenia sebaiknya di isi angin sebesar 30-32 Psi, tekanan itu cukup ideal untuk ukuran mobil avanza / xenia.

Bagaimana dengan ukuran tekanan angin ban mobil agya / ayla? untuk agya / ayla yang masuk kategori mobil LCGC ini ukuran tekan mobil yang di sarankan di angka 36 psi.

Semua ukuran di atas bisa berubah ketika kondisi mobil kosong dan kondisi mobil penuh penumpang, misal kita menset ukuran tekanan mobil innova kita di angka 33 Psi mungkin ketika kita sendirian mobil terasa nyaman tetapi ketika posisi mobil penuh penumpang angka 33 Psi itu kadang terlalu empuk dan akhirnya mobil kadang terasa berat

Untuk ukuran ideal setiap mobil biasanya informasi tekanan bannya terdapat di bagian pintu mobil depan kanan (pintu supir) nah itu ukuran standar resmi pabrik dimana tentu saja mereka mnenetapkan angka itu setelah melakukan beberapa tes terhadap mobil produksinya

Angin yang di gunakan untuk mengisi ban mobil di sarankan menggunakan angin nitrogen, karena nitrogen bersifat dingin jadi tekanan ban tidak akan meningkat ketika kita melakukan perjalanan jauh, berbeda lagi kalau kita menggunakan angin dari tempat pengisian angin di pinggir jalan ketika mobil kita gunakan dalam track jauh kadang tekanan ban angin juga ikut naik karena adanya panas yang timbul dari gesekan mobil dan aspal.

Posting Komentar untuk "Ukuran Tekanan Angin Ban Mobil Ideal"