Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui SMS Sudah Dibaca

Cara Mengetahui SMS Sudah Dibaca

Meskipun akhir-akhir ini sms menjadi salah satu teknologi yang mulai di tinggalkan seiring berkembangnya komunikasi via media social ataupun messenger, sms tetap memiliki peranan penting dalam menjembatani komunikasi para pengguna handphone, dan mungkin beberapa orangmasih banya yang bertanya bagaimana cara mengecek sms sudah dibaca atau belum

Mungkin untuk generasi jaman now sms masih di gunakan tetapi mungkin hanya menjadi alternatif pilihan setelah messenger dan telepon tidak bisa di gunakan lagi, sedangkan bagi para orang tua terutama bagi para lansia sms tetap menjadi kebutuhan paling vital dalam berkomunikasi karena kalau menggunakan messenger mereka merasa ribet dengan setingan internet, aplikasi, cara pemakaian yang sedikit rumit dan kadang di tambah lagi dengan pemakaian emoticon yang berderet.

Satuhal yang tidak bisa di gapai oleh media social ataupun messenger yaitu kemampuan pengiriman pesan tanpa data internet dan bagi sebagian masyarakat yang belum tersentuh teknologi internet maka telepon dan sms merupakan satu-satunya cara komunikasi yang bisa mereka pakai untuk berkomunikasi dengan teman, sahabat, saudara maupun keluarganya.

Salah seorang sahabat pernah bertanya kepada masbilal apakah ada aplikasi atau cara mengecek apakah sms kita sudah dibaca atau belum?

Mungkin di antara pembaca juga ada yang penasaran apakah bisa sms yang kita kirim menginformasikan bahwa sms tersebut sudah di baca atau belum? dan mungkin sudah coba juga mencari di search engine seperti google untuk mendapat jawaban dari pertanyaan tersebut

Masbilal permah membaca sebuah blog yang mengatakan bisa menggunakan aplikasi tertentu seperti kik messenger sebagai salah satu cara mengetahui sms sudah dibaca atau belum, nah loh apakah aplikasi tersebut memang benar bisa di gunakan untuk mengecek sms sudah di baca atau belum?

Setelah dilakukan penelitian dengan mencoba menjelajahi beberapa blog tentang teknologi dasar sms inilah jawaban yang bisa menjawabnya, ketika A mengirim sms ke B, maka A mengirim sms ke operator seluler yang di pakainya,  operator seluler itu memproses permintaan pengiriman sms itu dan melihat juga setingan smsnya misal apakah ada time limitnya dan apakah pulsanya mencukupi, apabila pulsanya cukup maka sms di teruskan oleh operator selularnya jika sms yang di tuju operator yang sama maka sms itu langsung di teruskan ke penerima(B) dan di tunggu sampai time limitnya terpenuhi misal smsnya di set 1 hari maka apabila lebih dari 1 hari maka operator akan mengonfirmasikan kepada pengirim bahwa smsnya gagal terkirim tetapi apabila operator sudah berhasil mengirimkan kepada nomer yang di tuju maka akan ada notifikasi kepada pengirim bahwa sms sudah di terima oleh B (jika menggunakan setingan laporan terkirim) nah langkah pengiriman antar operator juga hampir sama nanti operator seluler yang di gunakan A akan mengirim pesan ke operator seluler B dan di tunggu juga sampai time limitnya habis.

Penjelasan di atas adalah penjelasan langkah-langkah pengiriman sms dari A ke B, nah untuk pertanyaan apakah kita bisa melihat sms yang kita kirimkan sudah di baca atau tidak? jawabannya adalah tidak bisa, lalu bagaimana dengan klaim beberapa blog yang menyatakan bahwa sms bisa di cek sudah di baca atau belum dengan aplikasi? kita lihat kembali cara kerja pengiriman sms apakah ada bagian yang menyatakan akan menunggu sampai sms di buka oleh penerimanya? tentu tidak ada yang ada hanya waktu tunggu sampai sms terkirim atau gagal kirim, dan klaim aplikasi (apalagi aplikasi yang membutuhkan koneksitas internet) hal ini sangat mudah di bantah dengan asumsi bagaimana kalau orang yang kita kirim sms di hpnya tidak memiliki kemampuan menjelajah internet atau konektivitas ke internet? apakah aplikasinya bisa mengecek sms sudah di baca atau belum?


Demikian sharing penjelasan tentang apakah ada cara mengecek sms sudah dibaca atau belum oleh penerimanya. Kalau ada sanggahan, kritik atau saran silahkan di ketik di kolom komentar, agar bisa di diskusikan karena masbilal percaya bahwa ilmu pengetahuan selalu berkembang bahkan perkembangannnya bisa berubah tiap hari dan mungkin ada informasi baru yang bisa kita gali lagi bersama. terima kasih

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui SMS Sudah Dibaca"