Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Persen Dan Diskon Di Kalkulator, Excel Dan Hitung Manual

Cara Menghitung Persen Dan Diskon Di Kalkulator, Excel Dan Hitung Manual

Perhitungan persentase atau persen sebetulnya tidak terlalu sulit apalagi jika kita sudah mengetahui cara cepat menghitungnya karena mungkin di bangku ketika sekolah SD kita juga sudah pernah dihadapkan dengan pertanyaan-pertanyaan matematika yang berhubungan dengan persen atau persentase ini tetapi seiring waktu dan karena jarang digunakan mungkin banyak orang yang sudah lupa tentang cara menghitung persen baik itu cara menghitung persentase di excel, cara menghitung persen di kalkulator ataupun cara menghitung persen secara hitungan manual.

Sebenarnya kemampuan berhitung persentase ini masih sangat berguna untuk penggunaan sehari-hari seperti untuk penggunaan perhitungan persentase suku bunga bank ataupun perhitungan persentase diskon ketika kita akan melakukan pembelanjaan di sebuah supermarket atau minimarket dan kali ini Masbilal akan menuliskan tentang cara menghitung persen dan diskon di kalkulator, Excel dan hitung manual.

Untuk perhitungan persentase dengan cara hitung manual sebenarnya tidak terlalu sulit untuk rumusnya sendiri yaitu angka yang mau di ambil persentasenya kita kali dengan pembagi persentase dan di bagi 100. untuk lebih mudahnya kita akan mencoba menggunakan contoh soal sebagai berikut :
misal kita akan mencari 25% dari 200 nah caranya yaitu :

25 % itu adalah 25 / 100 

Jadi cara menghitungnya angka awal yang akan menjadi di hitung persentasenya kan 200. maka kita kalikan 200 dengan angka persentasenya  yaitu 25 kemudian dibagi 100.

kalau dihitung secara bertahap satu-persatu maka 200 dikali 25 = 5000 dan 5000 dibagi 100 = 50 

Nah dari sini maka bisa di ambil jawaban bahwa 25% dari 200 itu adalah 50

Sedangkan untuk cara menghitung persen di kalkulator kita bisa menggunakan kalkulator fisik yang banyak masih dijual di beberapa toko-toko elektronik atau terkadang ada di toko jam tangan pinggir jalan atau bisa juga kita menggunakan aplikasi kalkulator yang sudah banyak tersedia di aplikasi Android (playstore) ataupun iPhone (APPstore) yang banyak beredar. kalau untuk perhitungan persentase menggunakan kalkulator sangat mudah kita ambil contoh angka yang tadi yaitu 25% dari 200 cara menghitung persen di kalkulator nya adalah :

kita ketik saja langsung angkanya 200 dan kita pilih operasi kali (X) kemudian kita ketik 25 dan kita pilih persen nanti akan langsung keluar hasil perhitungannya yaitu 50 tetapi jika kita akan mencari sisa angka 200 setelah di kurangi 25% maka caranya yaitu 200 dikurangi 25% nanti akan keluar 150 jadi 25% dari 200 adalah 50 dan jika 200 dikurangi 25% maka sisanya nilai 150. perhitungan ini kalau dihitung secara diskon misal ada sebuah barang dengan harga Rp 200 dan toko itu membandrol diskon 25% karena diskonnya sesuai perhitungan tadi maka barang yang di jual tersbut memiliki potongan Rp 50 jadi kita cukup membayar sebesar 150 nah itu cara menghitung persen di kalkulator baik kalkulator HP ataupun kalkulator fisik 

Yang ketiga yaitu cara menghitung persen menggunakan Excel untuk penggunaan Excel cara perhitungannya adalah sebagai berikut :

pertama kita tulis dulu angka pokoknya, misalnya kita ambil angka tadi yaitu 200 kemudian kita buat angka di kolom lain yaitu 25% nah di kolam yang ketiga kita baru kita jumlahkan dengan cara kita pilih kolom yang ada angka 200 nya kemudian kita ketik di keyboard asterisk (*) kemudian kita kita pilih yang 25% tadi maka nanti akan langsung keluar hasil matematika dari persentasenya yaitu 50 

Note: untuk perhitungan perkalian di excel kita menggunakan logo asterisk (*) yang ada di atas keyboard nomer 8 atau di keyboard sebelah kanan di samping tombol (-). Jangan menggunakan (x) karena excel akan menganggap (x) adalah karakter huruf bukan sebagai tombol operator fungsi matematika.

Nah itulah beberapa cara menghitung persen baik itu cara menghitung persentase di excel, cara menghitung persen di kalkulator ataupun cara menghitung persen secara hitungan manual. Jika dirasa bermanfaat jangan lupa untuk dibagikan dan jika ada pertanyaan, kritik atau saran jangan sungkan untuk menuliskan di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih

Posting Komentar untuk "Cara Menghitung Persen Dan Diskon Di Kalkulator, Excel Dan Hitung Manual"