Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cara Membuat Domain Gratis Dan Domain Murah Terbaru

Tips Cara Membuat Domain Gratis Dan Domain Murah Terbaru

Bagi Anda yang berencana untuk membangun sebuah website keberadaan domain dan juga hosting tentu adalah salah satu hal yang hal penting yang perlu dipersiapkan seperti di tulisan sebelumnya tentang mencari web hosting gratis atau hosting murah yang sempat masbilal tuliskan maka kali ini masbilal akan mencoba menuliskan tentang tips cara membuat domain gratis dan domain murah yang tentu saja caranya dengan cara terupdatenya.

Sebagai informasi bagi yang belum tahu tentang nama domain sekilas masbilal akan gambarkan penjelasannya, nama domain adalah nama sebuah alamat internet di mana nanti orang-orang yang akan mengakses informasi, berita ataupun website kita bisa mengaksesnya lewat nama ini dan nama domain ini sendiri memiliki alamat IP seperti webserver/mail server. nama domain sendiri sifatnya unik jadi tidak mungkin di dunia ada 2 alamat domain yang sama.

Untuk domain sendiri ada domain TLD (Top Level Domain) seperti domain .com (microsoft.com, google.com, yahoo.com, bing.com) domain .net (php.net, slideshare.net) domain .org (wikipedia.org), domain .ga dan domain lain sebagainya. tetapi ada juga subdomain dimana subdomain ini adalah domain-domain yang berada di dalam domain utama seperti namakita.blogspot.com (subdomain namakita di dalam TLD blogspot.com) atau namaku.wordpress.com (subdomain namaku di dalam TLD wordpress.com) jadi subdomain itu alamat-alamat domain yang berada di dalam domain utama atau bagian dari domain utama (lokasinya di depan nama domain utama).

Cara mendapatkan domain gratis nya sendiri sebetulnya tidak terlalu sulit jika kita sudah mengetahui caranya, untuk cara yang pertama kita bisa langsung mendaftarkan domain yang kita inginkan di website penyedia domain gratisan atau domain free yang paling terkenal adalah freenom domain gratis, website freenom domain gratis ini menyediakan berbagai domain TLD yang bisa kita pakai secara gratis tetapi extension (akhiran) nama domain TLD yang ditawarkan juga terbatas yaitu domain .TK , domain .ML , domain .ga , domain .cf dan domain gq kelebihan dari domain gratis freenom ini kita bisa mendaftarkan secara gratis nama website kita tetapi dengan batasan waktu tertentu misalnya setahun atau dua tahun (ini bukan domain gratis selamanya tanpa syarat) dan hal ini juga tentu sudah cukup bagus untuk mencoba membangun sebuah website gratisan. 

Cara teknis pembuatan website gratisnya yaitu kita bisa membangun sebuah website gratis dengan cara menggunakan fasilitas freenom domain gratis dan forwardkan atau seting dns nya ke blogspot jadi tempat kita memanage websitenya cukup di blogspot saja tetapi harap diingat juga jika kita membangun website menggunakan domain gratis dari freenom sebaiknya sebelum domainnya expire kita segera memindahkan domain nya ke penyedia domain berbayar karena jangan sampai kita terlalu terlena akhirnya domain kita tidak bisa diperpanjang lagi karena disayangkan juga histori SEO yang sudah teregister atas nama domain tersebut bisa hilang.

Teknis atau cara membuat domain gratis di freenom terkadang berbeda tetapi secara garis besarnya langkahnya adalah kita masuk ke website freenom.com nanti di sana langsung di tawarkan "find a new free domain" silahkan ketik nama domain yang di ingikan dan klik "check availability" nanti freenom akan mengecek apakah nama tersebut tersedia karena di takutkan nama tersebut sudah ada yang mendaftarkan, jika telah tampil daftar nama domain gratis yang tersedia klik "get it now" kemudian klik checkout setelah itu freenom akan menginformasikan durasi lama website tersebut akan aktif dan freenom juga akan menanyakan apakah akan di forward atau anda akan memanage DNS nya klik "continue" dan jangan lupa mendaftar dulu jika belum punya akun atau jika sudah punya akun anda tinggal login saja akun freenom anda setelah itu domain pun jadi milik anda.

Cara kedua yaitu dengan menggunakan paket hosting tahunan. Di beberapa website hosting banyak yang menawarkan paket hosting yang memberikan gratis domain baik domain .com, domain .net, domain .org maupun domain-domain lainnya jadi sistem penjualan domainnya yaitu mereka menjual dengan sistem paket jika kita mengambil paket minimal 1 tahun maka kita akan mendapatkan gratis satu domain tetapi jika kita mengambil hanya 1 bulan atau 2 bulan atau 3 bulan maka paket gratis domain pun tidak diberikan.

Jika anda ingin mencoba untuk mencari domain murah perhatikan juga promo-promo dari para penyedia domain terkadang banyak promo yang memang tidak terlalu lama durasinya tetapi jika kita jeli kita bisa melihat beberapa promo seperti promo gratis atau promo diskon domain yang sedang yang sedang berlangsung. Jadi bagi Anda yang ingin beli domain untuk website anda, anda bisa mencoba mencari beberapa alternatif sebelum anda menentukan pilihan misal di domainesia, hostinger, exabyte, niagahoster, rumahweb, godaddy, namesilo dan di website-website penyedia domain lainnya.

Sekedar menambahkan untuk domain sendiri sebetulnya ada domain-domain yang masuk dalam kategori aged domain dan domainnya cukup berkualitas. Aged domain sebetulnya adalah nama domain yang sudah memiliki umur dan sudah memiliki histori internet sebelumnya. Beberapa domain nya terkadang masih memiliki skor SEO yang sangat baik (bisa di tes jika kita memiliki akun Moz, Majestic atau alexa) Tetapi ada juga aged domain yang dulu mungkin hanya dipakai untuk spam seperti memasang iklan atau memberikan informasi secara masif sehingga aged domain seperti ini kurang baik jika kita teruskan. Jika anda berminat dan ingin mencoba mencari aged domain Anda bisa mencoba di godaddy atau Lelang godaddy di sana terdapat banyak sekali nama-nama website yang dijual baik karena memang sengaja di beli untuk di jual kembali ataupun karena memang sudah expire dan siap untuk dijual kembali

Nah itulah beberapa tips cara membuat domain gratis dan domain murah dengan efektif dan efisien. jika dirasa bermanfaat jangan lupa untuk dibagikan dan jika ada pertanyaan silahkan untuk dituliskan di kolom komentar. Terima kasih

Posting Komentar untuk "Tips Cara Membuat Domain Gratis Dan Domain Murah Terbaru"