Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog Di HP Untuk Pemula


Cara Membuat Blog Di HP Untuk Pemula 



Bagi Anda yang gemar menulis seperti juga masbilal tentu membuat blog adalah salah satu cara dan media untuk menuliskan kata-kata. manfaat blog sendiri sangat banyak di antaranya kita bisa menuliskan ide, gagasan, wawasan atau pengalaman yang pernah terjadi. Banyak dari teman-teman Masbilal yang hobi menulis juga yang menanyakan bagaimana cara membuat blog di blogger atau blogspot untuk menyalurkan hobi menulis mereka? sebenarnya cara membuat blog di blogger atau blogspot ini tidak terlalu sulit jika kita sudah mengetahui langkah-langkahnya makanya kali ini Masbilal akan coba menuliskan tentang cara membuat blog di HP untuk pemula.

Sebelum merencanakan untuk membuat blog sebaiknya kita juga sudah tau tentang apa itu blog dan langkah pertama apa yang harus di lakukan? blog adalah (web log) kumpulan tulisan dan gambar pada sebuah halaman di internet. dan langkah pertama yang harus di lakukan yaitu menentukan niche blog nya. niche blog adalah tema utama dari blog yang akan kita tulis apa itu. misal kita akan membuat blog dengan niche pendidikan seperti bahan ajar untuk anak-anak SD, SMP, SMA ataupun perguruan tinggi ataupun blog dengan niche travel seperti bagaimana tata cara pemesanan tiket, cari tiket murah, booking hotel, pengalaman jalan-jalan ke kota-kota tertentu, review kuliner dan pemilihan niche bisa menjadi salah satu titik awal dari pembentukan sebuah blog.

Untuk cara membuat blog di HP sebetulnya tidak terlalu sulit yang kita perlukan adalah sebuah akun google dan mungkin saat ini sudah banyak yang menggunakan akun google karena seiring sudah semakin banyak HP Android yang beredar di pasaran. Bagi yang belum tau sebenarnya banyak kelebihan dari akun google yang kita buat di android diantaranya untuk email (Gmail), penyimpanan data (Google Drive) , GPS / peta (Google Map), membuat blog  (google blogspot), kelompok entitas group belajar (Google class) dan fitur-fitur Google yang lain  dalam keluarga perusahaan Google. Jadi jika kita sudah memiliki akun Google maka untuk para pengguna HP Android kita bisa langsung mendownload aplikasi Blogger di Playstore di mana aplikasi ini yang akan menjadi aplikasi kita menulis blog

Jadi langkah pertama membuat blog di hp yaitu kita masuk ke Play Store ketikan blogger di kotak pencarian aplikasi nya, apabila sudah ditemukan silahkan download aplikasinya, aplikasi Blogger tidak terlalu memakan memori / kuota besar Karena aplikasi ini cukup ringan, setelah diinstal kita buka aplikasinya

langkah langkah membuat blog

Pada saat awal aplikasi dibuka Google akan menunjukkan akun-akun yang sudah ada di hp Android kita kita tinggal memilih akun mana yang akan kita bikin blog nya (jika kita memiliki lebih dari 1 akun google di hp kita) Setelah kita memilih akun google, blogger akan mengecek apakah sudah ada blog yang tertaut dengan akun tersebut atau memang belum terdaftar di blogger, jika memang belum terdaftar maka kita pilih daftar blogspot.

Nanti di awal halaman blogspot ada pilihan masuk atau buat blog kita pilih buat blog karena kita belum memiliki blog Nanti Google akan membawa kita ke halaman login googlenya kita masukan username google id kita setelah itu kita akan diminta memasukkan password Googlenya, jika telah selesai maka kita pun bisa langsung masuk ke halaman blogspot. di halaman blog ini kita akan di minta memasukan judul blog kita misal kita tulis "ini blog pertamaku" dan alamat contoh blog nya misal "blogpertama.blogspot.com" alamat blog ini akan di cek oleh google apakah sudah ada pengguna google lain yang sudah menggunakan alamat tersebut, jika sudah ada maka kita di minta untuk menggantinya jika belum ada maka kita bisa menggunakan alamat tersebut. fungsi dari alamat blog ini adalah sebagai pengenal dari blog kita jadi nanti di internet browser kita apabila mau mengakses blog kita tinggal mengetikan blogpertama.blogspot.com dan alamat ini unik hanya kita yang punya layaknya email jadi tidak mungkin ada yang memiliki alamat blog yang sama seperti tidak mungkin ada yang memiliki alamat email yang sama.

membuat blog

Kembali ke aplikasi bloger, dalam bloger ini nanti akan tercantum judul, tulisan dan juga label dari tulisan-tulisan yang sudah kita tulis sebelumnya dan untuk menulis blog baru caranya yaitu dengan mengklik gambar pena yang terdapat di bagian tangah atas aplikasi blognya setelah terbuka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini kita bisa memasukkan judul, konten atau isi dari tulisan kita dan juga label untuk menandai tulisan kita. label disini fungsinya adalah untuk sebagai penanda dari tulisan kita, ketika misal kita memilih Niche tentang kesehatan dan kita memberikan label misalnya "obat" ketika kita mengklik label "obat" maka secara otomatis semua tulisan-tulisan yang telah kita tambahkan label "obat" akan tampil hal ini berguna jika kita sudah memiliki tulisan yang sangat banyak misal sampai ratusan atau bahkan sampai ribuan tulisan bayangkan jika kita harus membuka satu-satu daftar tulisan kita tentunya akan memakan waktu sangat lama dan melelahkan juga tapi jika sudah pakai label kita tinggal klik label "obat" maka semua konten-konten yang sudah kita label "obat" akan tampil semua atau kita memberikan label "hotel" di niche traveling maka semua artikel-artikel yang memiliki label "Hotel" akan langsung ditampilkan mungkin sampai disini pembaca sudah mengerti maksud dari adanya pelabelan itu atau penandaan itu.

contoh blog

Untuk konten sendiri Kita bisa membuat konten tulisan dan juga memasukkan konten gambar, jika kita telah menulis blog kita bisa mengirimkan hasil tulisan kita langsung di publikasikan ke internet dengan cara mengklik gambar panah di tengah atas aplikasi dan blog kita pun sudah bisa dibaca oleh orang-orang di internet.

Nah itulah langkah-langkah dan cara membuat blog di HP untuk pemula mungkin di lain kesempatan masbilal juga kan menuliskan tentang cara membuat blog di Wordpress bagi pemula atau di content management system (CMS) lainnya. jika dirasa tulisan ini bermanfaat jangan lupa untuk dibagikan dan jika ada pertanyaan, saran, atau kritik silakan tulisan di kolom komentar. Terima kasih


Posting Komentar untuk "Cara Membuat Blog Di HP Untuk Pemula"