Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Komunikasi Bisnis Dalam Perusahaan

Pengertian Komunikasi Bisnis Dalam Perusahaan

Komunikasi Bisnis


Komunikasi bisnis adalah kegiatan pertukaran informasi / gagasan yang dilakukan oleh 2 orang atau lebih yang memiliki tujuan tertentu khususnya dalam kegiatan bisnis. Komunikasi bisnis umumnya di gunakan dalam membangun dan mengembangkan usaha (Bisnis), karena itu komunikasi bisnis yang baik dan efektif sangat diperlukan adanya untuk menunjang keberhasilan suatu tujuan bisnis. Contoh komunikasi bisnis adalah negosiasi ataupun lobi-lobi antar perusahaan dan kali ini masbilal akan mencoba menuliskan artikel tentang pengertian komunikasi bisnis dalam perusahaan yang mungkin bisa berguna bagi anda yang sedang mencari materi komunikasi bisnis atau membuat makalah komunikasi bisnis.


Komunikasi Bisnis (Pengertian Komunikasi Bisnis, Tujuan Komunikasi Bisnis, Fungsi Komunikasi Bisnis, dan Proses Komunikasi Bisnis)

Keberhasilan suatu tujuan bisnis ditentukan oleh beberapa faktor, salah satu faktornya adalah komunikasi bisnis yang efektif yang baik karena dengan komunikasi yang efektif dan baik, komunikator dapat menyampaikan informasi atau pesan yang ingin di sampaikan dengan lebih jelas dan mudah, sedangkan komunikan dapat menerima pesan atau informasi sesuai dengan apa yang di harapkan oleh komunikator. Kedua hal tersebut akan memperlancar kegiatan percapaian suatu tujuan.

Dalam sebuah komunikasi bisnis terdapat dua bentuk komunikasi yang digunakan, yaitu komunikasi bisnis verbal dan komunikasi bisnis non verbal.
Komunikasi bisnis verbal adalah bentuk komunikasi yang di lakukan secara tidak langsung seperti komunikasi menggunakan surat, simbol dan lainyya.
Sedangkan bentuk komunikasi bisnis non-verbal adalah komunikasi yang dilakukan secara langsung, Dalam komunikasi bisnis yang baik, di dalamnya tidak hanya mengandung satu bentuk komunikasi. Akan tetapi, dalam komunikasi bisnis tersebut terdapat kedua bentuk komunikasi yang saling mendukung satu sama lain.


Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Pendapat Para Ahli
pengertian komunikasi bisnis


Terkait dengan pengertian komunikasi bisnis, terdapat beberapa beda pendapat (meskipun intinya sama) yang di sampaikan oleh para ahli yang bisa kita jadikan acuan dalam memahami apa yang dimaksud dengan Komunikasi bisnis. Berikut ini adalah beberapa pendapat para ahli terkait dengan pengertian komunikasi bisnis :

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Pendapat Rosenbalt (1982)
Komunikasi bisnis adalah pertukaran informasi, pesan, gagasan, dan hal lain yang sejenisnya yang dilakukan secara pribadi atau umum malalui media baik berupa simbol atau tanda-tanda untuk mencapai tujuan dari sebuah perusahaan.

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Pendapat Katz (1994)
Komunikasi bisnis adalah proses pertukaran ide, konsep, informasi, atau pesan yang berkaitan dengan suatu tindakan untuk mencapai suatu tujuan komersial.

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Pendapat Persing (1981)
Komunikasi bisnis adalah proses yang meliputi penyampaian pesan dengan menggunakan media seperti lambang atau secara langsung dengan suatu tujuan untuk memperoleh keuntungan.

Nah berdasarkan beberapa pendapat dari para ahli diatas dapat kita tarik sebuah kesimpulan bahwa komunikasi bisnis adalah proses pertukaran informasi atau sejenisnya yang dilakukan secara langsung ataupun tidak langsung dengan menggunakan media komunikasi demi tercapainya suatu tujuan bisnis.


Tujuan Komunikasi Bisnis
tujuan komunikasi bisnis


Dalam komunikasi bisnis yang di lakukan antara perusahaan terkait dengan pihak luar (eksternal), tentunya terdapat beberapa tujuan khusus yang mendasari terjadinya proses kegiatan komunikasi bisnis itu sendiri. Berikut adalah 3 tujuan komunikas bisnis atau manfaat komunikasi bisnis secara umum:

Tujuan Komunikasi Bisnis untuk meningkatkan nama baik (goodwill ) perusahaan
Dengan komunikasi bisnis yang efektif (lancar) antara komunikan dan komunikator, akan berdampak sangat baik bagi suatu perusahaan, khususnya untuk meningkatkan goodwill. Komunikasi bisnis yang efektif, akan memberikan kesan yang baik dan juga akan berdampak baik bagi nama baik sebuah perusahaan.

Tujuan Komunikasi Bisnis untuk meningkatkan hubungan baik perusahaan dengan pihak lain
Dalam sosialisasi dengan pihak lain di luar perusahaan, sangat di butuhkan adanya kegiatan komunikasi bisnis, Dengan dengan adanya komunikasi bisnis, selain untuk mempromosikan atau memperkenalkan produk, juga untuk mempererat hubungan bisnis antara perusahaan dengan pihak luar seperti konsumen, investor, stakeholder, dan lain sebagainya yang memiliki pengaruh terhadap proses jalannya perusahaan terkait

Tujuan Komunikasi Bisnis untuk meningkatkan fungsi kepemimpinan dalam perusahaan
Komunikasi bisnis memiliki tahapan atau susunan yang cukup tinggi di banding dengan cara komunikasi biasa pada umumnya. Komunikasi bisnis, memiliki beberapa persiapan, susunan pembahasan atau bahan, penyajian, dan gaya penyampaian komunikasi yang baik. Dalam  sebuah perusahaan, semakin baik proses komunikasi bisnis yang di jalankannya, maka dapat di katakan pula bahwa perusahaan tersebut memiliki integritas yang baik.


Fungsi Komunikasi Bisnis
fungsi komunikasi bisnis


Perlu kita ketahui dan pahami juga, bahwa komunikasi bisnis itu memiliki fungsi - fungsi penting dalam kelancaran aktifitas dalam sebuah perusahaan. Berikut ini adalah 4 fungsi-fungsi penting dari komunikasi bisnis yang perlu kita ketahui:

Fungsi Komunikasi Bisnis Informative
Fungsi Komunikasi Bisnis Informative diperlukan dalam mewujudkan kelancaran aktiftas perusahaan, baik itu pimpinan ataupun karyawan. Fungsi informatif umumnya bersifat global, artinya fungsi informatif dalam komunikasi bisnis dapat dilakukan dan di dapatkan oleh siapa saja yang ada dalam perusahaan, seperti informasi penjualan, pemasaran, produksi, tenaga kerja, keuangan, dan lain sebagainya.

Fungsi Komunikasi Bisnis Regulatory
Fungsi komunikasi bisnis dalam perusahaan juga berfungsi sebagai regulatori (pengendali dan juga pengatur) keberlangsungan aktifitas sebuah perusahaan, baik itu bagian produksi, penjualan, dan lainnya. Wujud dari fungsi komunikasi bisnis regulatori ini umumnya berupa laporan dari bawahan kepada atasan dan perintah dari atasan kepada bawahan

Fungsi Komunikasi Bisnis Persuasive
Komunikasi bisnis yang persuasif adalah fungsi komunikasi yang bertujuan untuk mengubah atau memengaruhi kepercayaan, sikap, dan perilaku seseorang sehingga bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh komunikator atau pihak lain yang di luar perusahaan ( eksternal). Dalam hal ini pola win-win solution selalu di perhatikan. Wujud dari fungsi persuasif salah satunya adalah negosiasi.

Fungsi Komunikasi Bisnis Integrative
Fungsi Komunikasi Bisnis Integrative dalam komunikasi bisnis adalah untuk menciptakan situasi kerja yang kondusif, efektif dan efisien dalam sebuah perusahaan. Sehingga perusahaan tersebut bisa beroperasi secara utuh dan juga terpadu. Dalam hal ini, termasuk juga fungsi koordinasi dan fungsi penjadwalan aktivitas, penetapan saluran informasi dan otoritas, serta untuk menarik dan melatih karyawan. Fungsi komunikasi bisnis integratif ini merupakan salah satu fungsi penting dari komunikasi bisnis.


Proses Komunikasi Bisnis
Semua fungsi-fungsi komunikasi bisnis seperti yang telah di jelaskan di atas, tentunya melibatkan adanya sebuah proses yang terintegrasi.


Unsur Unsur Komunikasi Bisnis

Unsur Unsur Komunikasi Bisnis

- Pengiriman pesan atau informasi
Sama halnya dengan proses komunikasi pada umumnya. Proses komunikasi bisnis di awali dengan pengiman pesan oleh seseorang yang memiliki ide/ gagasan/ informasi untuk disampaikan kepada seseorang dengan harapan pesan tersebut dapat dipahami oleh orang yang menerima pesan sesuai dengan yang dimaksudkannya.

- Simbol atau isyarat
Tahap kedua, seseorang yang memiliki ide/ gagasan/ informasi  tersebut, kemudian di tuangkan kedalam sebuah simbol atau isyarat yang dapat berupa bahasa, kode, tulisan, gerakan anggota badan, (tangan, mata, kepala dan bagian muka lainnya), dan lain sebagainya untuk mengajak, mengubah sikap, membujuk, perilaku atau menunjukkan arah tertentu.

- Media atau penghubung

Media merupakan Adalah sebuah sarana yang digunakan untuk mengirimkan pesan kepada penerima pesan. Media komunikasi yang digunakan dapat berupa media elektronik seperti TV, surat kabar, radio, papan pengumuman, telepon dan lainnya. Dalam proses memilih media yang akan digunakan untuk menyampaikan pesan, kita harus memperhatikan isi pesan  yang akan disampaikan, jumlah penerima pesan, situasi, dsb. Media atau penghubung perlu diperhatikan karena keefektifitasan dalam komunikasi bisnis sangat di perhitungkan.

- Mengartikan kode atau isyarat

Tahap keempat adalah tahap dimana penerima pesan mengartikan kode isyarat yang telah di terima melalui panca indera (mata, telinga dan seterusnya). Dengan mengartikan kode atau isyarat tersebut, penerima pesan diharapkan akan mudah untuk memahami isi pesan yang di kirim oleh pengirim pesan.

- Penerima pesan
Setelah kode atau isyarat di terima oleh penerima pesan. Tahap selanjutnya adalah penerima pesan, artinya pesan tersebut di adopsi atau dilakukan sesuai dengan maksud pengirim pesan tanpa mengurangi arti pesan yang dimaksudkan oleh pengirim.

- Umpan balik (feedback)
Tahap keenam ini adalah tahap di mana penerima pesan memberikan balasan atas pesan yang telah di terimanya dari pengirim pesan. Dengan adanya umpan balik ini, pengirim pesan bisa mengetahui bagaimana tanggapan dari penerima pesan. Umpan balik dapat berupa kesan, informasi, kritikan dan lain sebagainya.

- Gangguan
Ganggungan komunikasi bisnis bukanlah salah satu tahap dalam proses komunikasi bisnis. Namun gangguan memiliki pengaruh yang negatif terhadap keefektifitasan dalam komunikasi bisnis. Gangguan dalam komunikasi bisnis bisa menghambat bahkan memutus proses komunikasi bisnis. Oleh karena itu, gangguan ini perlu untuk di kurangi atau di minimalisir penyebabnya.

Demikian artikel tentang materi komunikasi bisnis, pengertian komunikasi bisnis, fungsi komunikasi bisnis, unsur-unsur komunikasi bisnis, tujuan komunikasi bisnis, contoh komunikasi bisnis dan beberapa solusi komunikasi bisnis apabila ada yang ingin di tanyakan silahkan untuk mengisi kolom komentar dan kalau di rasa artikel ini bermanfaat, silahkan untuk di bagikan. Terima kasih

Posting Komentar untuk "Pengertian Komunikasi Bisnis Dalam Perusahaan "