Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Format Surat Keterangan Kerja Perusahaan

 Surat Keterangan Kerja
Contoh format surat keterangan kerja perusahaan - surat keterangan kerja adalah surat yang menginformasakan atau menerangkan status kerja dan waktu kerja seseorang di instansi atau perusahaan tertentu. surat keterangan kerja lazimnya di keluarkan oleh bagian sumber daya manusia (SDM) atau HRD/personalia dalam sebuah organisasi atau perusahaan. kali ini masbilal akan mencoba menuliskan contoh format surat keterangan kerja perusahaan yang saat ini banyak beredar.

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam susunan pembuatan surat keterangan kerja dan tujuan dari pembuatan surat kerjanya juga harus jelas apakah surat keterangan kerja untuk visa keluar negeri atau surat keterangan kerja untuk bank atau bisa juga untuk keterangan melamar di tempat kerja baru. pembuatan surat keterangan kerja untuk visa biasanya ada format tersendiri dari kedutaan besar yang akan kita kunjungi negaranya, misal apabila kita akan berkunjung ke inggris dengan tujuan seminar atau liburan maka kita bisa minta format surat keterangan kerja dari pihak kedutaan dan kalau pun tidak ada format pastinya biasanya nanti di arahkan tentang cap, tanda tangan, kop surat, isi dari surat keterangan kerjanya seperti apa dan perlu materai atau tidak di bagian tandatangan suratnya, sedangkan untuk pembuatan surat keterangan kerja untuk bank seperti pinjaman kredit biasanya pihak bank tidak menentukan format pastinya hanya yang penting surat keterangannya asli dan isinya ada keterangan pekerjaan dan sudah berapa lama waktu masa kerjanya.

Dan inilah susunan surat keterangan kerja yang banyak di pakai oleh instansi / perusahaan di Indonesia :

1. Kop surat
Kop surat yang mengawali surat keterangan kerja biasanya berisi logo, alamat dan kontak perusahaan sehingga apabila ada yang meragukan surat itu bisa mengkonfirmasi ke alamat di atas.

2. Menuliskan Nomor surat dan kepentingan surat
Nomor surat adalah nomor yang di catat kan juga pada buku/catatan pengeluaran surat karena perusahaan profesional pasti mencatat surat apa saja yang sudah di keluarkan oleh perusahaan mereka dan biasanya mengandung bulan dan tahun sehingga lebih mudah ketika mencari data nya, sedangkan kepentingan surat adalah maksud dari surat itu dalam hal ini : surat keterangan kerja

3. Identitas diri
Ada 2 identitas diri yang akan di tuliskan di surat keterangan kerja, yang pertama adalah identitas dari orang yang akan di terangkan data pekerjaannya dan identitas kedua biasanya dalah bagian HRD yang mengeluarkan surat keterangan kerja tersebut

4. Waktu kerja dan Jabatan
WAktu kerja di sini adalah waktu mulai kerja sampai waktu terakhir orang tersebut bekerja, sedangkan jabatan adalah jabatan terakhir yag di pegang oleh orang yang tercantum dalam surat keterangan kerja itu.

5. Tujuan pembuatan surat
Tujuan dari pembuatan surat keterangan kerja tersebut untuk apa? apakah surat keterangan kerja untuk visa, surat keterangan kerja untuk bank, dll

6. Cap dan tanda tangan
Cap dan tandatangan pembuat surat untuk melegitimasi surat tersebut


Berikut contoh format pembuatan surat keterangan kerja perusahaan :



PT.REJEKI TANPA HENTI
Jl.Monas No.777 JAKARTA
Telp.(021)1234 Fax (021) 5678
Nomor        : 123/HRD/maret/2018
Perihal        : Surat Keterangan Kerja
Lampiran    : -

    Dengan hormat,
    Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                             :Andi Rustandi
Alamat                           :Jakarta
Jabatan                         : Manager Personalia

    Dengan ini menerangkan bahwa :

Nama                               : Agus wahyudi
Tempat, Tanggal Lahir     : Bogor, 10 Januari 1988
Jenis Kelamin                  :Laki-laki
Nomor KTP                     : 32000000000000000123

    Adalah benar karyawan di perusahaan kami terhitung sejak 4 Mei 2010 sampai sekarang dengan posisi Staff Marketing. Demikian surat keterangan kerja ini kami buat untuk dapat di pergunakan dengan sebaik-baiknya.

Jakarta, 19 Maret 2018
PT.REJEKI TANPA HENTI


Andi Rustandi
Manager Personalia




Posting Komentar untuk "Contoh Format Surat Keterangan Kerja Perusahaan"