Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengkoneksikan VGA laptop ke TV HDMI / VGA to HDMI

vga hdmi converter
Cara mengkoneksikan VGA laptop ke TV HDMI / VGA to HDMI - postingan kali ini masbilal akan membagikan cara untuk menyambungkan VGA output dari komputer atau laptop ke dalam televisi High Definition (HDTV) kareana atas pertanyaan seorang sahabat yang ingin menonton film atau bermain games dari laptopnya ke televisi LED yang berada di tengah rumahnya karena itu masbilal akan mencoba menuliskan cara mengkoneksikan vga laptop ke TV HDMI / VGA to HDMI

Koneksi VGA atau Video Graphics Array adalah koneksi dari sambungan 15 pin output dari kartu grafis baik PC ataupun laptop ke monitor komputer. Namun seiring semakin majunya teknologi dan semakin menjamurnya televisi digital terutama yang sudah support teknologi High Definition (HD) tentu pengalaman menonton film atau bermain games akan terasa lebih menyenangkan apabila di lakukan di televisi HD.

Ada beberapa pertanyaan apakah sinyal dari VGA bisa langsung di transmisikan lewat kabel saja menjadi sinyal HDMI atau dalam kata lainnya VGA to HDMI apakah bisa langsung dengan kabel? jawaaban atas pertanyaan ini adalah tidak bisa. kita memerlukan vga to HDMI converter atau VGA to HDMI adaptor karena sinyal yang bisa di prosesnya berbeda dan apabila kita menganalogikan bahwa itu hanya kabel yang bisa kita solder dan sesuaikan urutan penyolderan antar kakinya seperti kita membuat kabel jaringan maka jawabannya tidak bisa. Kabel HDMI mengeluarkan sinyal digital multimedia yang sudah mengandung gambar dan suara sedangkan kabel VGA sesuai namanya (VIDEO graphic array) hanya mentransmisikan gambar saja kalaupun nanti tampil gambar tapi tidak akan ada suaranya.

Apabila anda hanya ingin tampil gambar dari komputer ke televisi HDMI, biasanya televisi jenis HDMI ini memiliki interface VGA jadi anda bisa membeli kabel VGA to VGA saja, tetapi jika kualitas HDMI yang ingin anda coba raih mungkin salah satu solusi nya menggunakan VGA to HDMI converter box dan ada beberapa produk yang sudah melengkapi dengan soket untuk input audionya.

Cara pemasangan vga to HDMI converter sebenarnya cukup simple, berikut langkahnya :
  1. Siapkan kabel vga yang akan di gunakan untuk berkoneksi ke VGA to HDMI converter box atau VGA to HDMI adaptor (colokan ke dalam VGA output komputer anda dan colokan juga ke dalam VGA to HDMI converter box)
  2. Siapkan kabel audio untuk mengambil suara output dari komputer ke dalam soket audio VGA to HDMI converter box (colokan ujung kabel yang satu ke dalam audio out dan ujung yang lain ke dalam soket audio converter)
  3. Siapkan kabel dari VGA to HDMI converter box / VGA to HDMI adaptor ke layar televisi HD anda (colokan ujung kabel yang satu ke converter dan ujung yang satunya lagi ke televisi
  4. Selesai

Untuk jenis atau model VGA to HDMI converter box yang akan di pakai masbilal tidak akan mencantumkan merk tertentu karena menurut masbilal rata-rata bagus dan karena fungsinya juga hanya sebatas mengkonversi sinyal VGA ke HDMI saja. Demikian postingan cara mengkoneksikan VGA (laptop/PC )ke televisi HDMI / VGA to HDMI jika ada pertanyaan silahkan mengisi kolom komentar di bawah dan apabila di rasa postingan ini bermanfat silahkan di bagikan. Terima kasih

Posting Komentar untuk "Cara mengkoneksikan VGA laptop ke TV HDMI / VGA to HDMI"