Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Durian Dan Cara Berkebun Durian



Jenis Durian Dan Cara Berkebun Durian

Buah Durian merupakan buah yang berasal dari asia tenggara, mempunyai ciri bau atau aroma yang khas buah durian juga menjadi salah satu jenis buah yang lumayan cukup terkenal di dunia, durian memiliki banyak penggemar tetapi ada juga beberapa orang yang kurang menyukai bau yang dikeluarkan oleh buahnya yang lumayan cukup menyekat di hidung, nah untuk anda yang mungkin juga penggemar durian atau anda yang ingin lebih tau tentang beberapa jenis durian dan cara berkebun durian berikut informasinya :

1. Durian Montong atau Durian Monthong


Durian Montong

Jenis durian yang pertama akan kita bahas adalah durian montong atau untuk penulisan beberapa orang menuliskannya dengan nama durian montong, jenis durian ini mudah di temukan di lapak pedagang durian bahkan di beberapa supermarket besarpun durian ini tersedia baik yang masih berbentuk utuh 1 buah atau yang sudah di kemas dalam kemasan cup, asal dari durian montong ini masih belum terlalu jelas tetapi di pasaran sendiri seperti menyepakati bahwa durian ini asalnya dari negara Thailand.

kelebihan dari durian montong adalah daging buahnya yang berwarna putih kekuningannya cukup tebal, rasa dari buahnya pun cukup manis dan untuk bijinya sendiri durian jenis ini tergolong memiliki biji yang kecil jika di bandingkan dengan jenis durian lainnya.

Untuk harga durian montong ini tergolong relatif mahal karena harga untuk 1 buah duriannya bisa mencapai angka 50.000 sampai 200.000-an tergantung ukuran dan kemulusan dari buahnya sendiri

2. Durian Musang King

Durian Musang King

Jenis buah durian yang kedua yang akan kita bahas adalah durian musang king, bagia nada penggemar film kartun upin ipin mungkin pernah melihat episode lomba durian antar kampung, yup sesuai dengan asal film upin ipin durian musang king ini berasal dari negara malaysia.

tidak beda jauh dengan jenis durian montong, durian musang king juga memiliki daging yang tebaldan tektur dari dagingnya pun lembut hanya untuk warna dagingnya sendiri durian musang king dagingnya berwarna kuning dan memiliki rasa manis yang cukup legit.

untuk harga durian musang kingsebenarnya tidak begitu jauh dengan durian montong, harga perbuahnya bisa mencapai 300.000-an tetapi meskipun mahal jenis durian ini masih lumayan banyak peminatnya

3.Durian Petruk

Durian Petruk

Jenis durian ketiga adalah Durian Petruk, mungkin bagi pembaca penggemar kisah pewayangan sudah tidak asing lagi dengan sosok petruk dan setelah mendengar nama petruk ada sedikit kepikiran apakah buah ini di namakah karena mirip petruk? jawabannya tidak. durian petruk di beri nama seusia dengan nama penemu jenis durian ini yaitu pak petruk yang berasal dari jepara. Durian ini merupakan durian lokal tetapi untuk masalah rasa dan kualitas durian ini tidak kalah dengan durian luar, durian ini rata-rata memiliki berat sekitar 1-1,5 kg, rasanya manis, memiliki ketebalan yang cukup tebal dan ukuran bijinya pun relatif kecil.

selain nikmat duren petruk juga memiliki beberapa kandungan serat, vitamin c, vitamin B1, potassium dan jug akalsium yang berguna untuk perawatan tulang dan juga sendi. untuk harga durian petruk biasanya di jual di kisaran 50.000  sampai 100.000an

4. Durian Duri Hitam


Jenis Durian Dan Cara Berkebun Durian

Jenis yang ke empat adalah Durian duri hitam, durian ini berasal dari malaysia seperti durian musang king. durian ini memiliki daging yang bertekstur lembut, rasanya manis legit dan ada rasa sedikit pahit ketika daging buah menyentuh lidah dan hal ini menyebabkan banyak penggemar durian duri hitam di indonesia.

Daging buah durian duri hitam berwarna kuning keemasan, baunya harum, tekstur daging nya lembut dan harga durian duri hitam ini tidak begitu jauh dengan harga durian duri hitam bahkan di beberapa lapak malah harga durian duri hitam lebih mahal dari pada harga durian musang king.

nah itulah beberapa jenis durian yang masbilal informasikan, bagi anda yang berminat untuk membudidayakan durian berikut akan coba masbilal uraikan cara berkebun durian yang baik dan benar:

Pertama rencanakan jenis durian yang akan di budidayakan dengan baik dan matang setelah itu siapkanlah bibit durian yang berkualitas atau yang bibit asalnya dari jenis durian yang unggul.

Setelah bibitnya di dapat maka langkah selanjutnya menyiapkan media tanam lahan yang akan di gunakan, carialh media tanam yang memiliki unsur hara yang bagus, Ph asam basa tanah, kemudahan nanti saat proses pengairan dan panen. Tanah yang akan di tanami harus bersih dari rumput maupun bebatuan dan sebaiknya tidak di campur denga tanaman lain dalam satu lahgan agar proses ketika tumbunya benih tidak terganggu.

Buatlah bedeng berukuran 30 cm dengan mencampur tanah gembur, pupuk kandang, pupuk kompos dan sekam padi ke dalam media tanam, dan untuk ukurab bedengnya sendiri sebaiknya berukuran lebar 1 meter dan panjang 2 meter dan untuk jarak antar tanaman sebaiknya 11-12 meter hal ini akan beguna nanti saat pertumbuhan berbunga dan ketika tanaman mulai berbuah.

sebagai catatan untuk durian musang king bagusnya di tanam di suhu 30-35 derajat celcius, produksi pohonnya bisa berlangsung selama 5 tahun dan ketinggian dari pohonnya sendiri sekitar 5 meter, kalau untuk durian petruk sebaiknya di tanam di tanah dengan ketinggian 400-600 DPL (Diatas permukaan laut). Lain lagi dengan Durian duri hitam, jenis durian ini bisa hidup di daerah yang kering dan dapat pula bertahan di cuaca kemarau yang lumayan panjang karena itu durian duri hitam jadi unggulan karena bukan hanya rasa tapi kemampuan bertahan dan juga produktifitasnya cukup bagus.

Itulah beberapa penjelasan tentang jenis durian dan cara berkebun durian, kalau ada pertanyaan bisa di tanyakan di kolom komentar. Terima kasih

Posting Komentar untuk "Jenis Durian Dan Cara Berkebun Durian"