Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Lamaran Kerja


Contoh surat lamaran kerja
Contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar banyak di cari di internet terutama bagi mereka para lulusan baru baik itu lulusan slta/sederajat, diploma, sarjana ataupun pascasarjana, untuk membuat surat lamaran yang baik di perlukan beberapa poin penting yang harus selalu di perhatikan baik estetika penempatan penulisan kata maupun isi dari lamaran pekerjaan itu sendiri
Di sini saya akan mencoba menuliskan cara membuat atau contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar berdasarkan pengalaman saya dan  beberapa rekan yang tentunya berkecimpung di dunia rekrutmen ataupun HRD (Human Resources Development) dan harap di ingat penulisan surat lamaran yang baik adalah yang membuat kita di panggil untuk mengikuti tes di perusahaan yang akan kita lamar.

Poin pertama yang harus di perhatikan adalah buatlah surat lamaran dengan bahasa baku dari perusahaan yang akan kita lamar, misal apabila perusahaan yang akan kita lamar merupakan perusahaan dalam negeri maka pergunakan bahasa indonesia yang baik, jangan menggunakan singkatan seperti contohnya kata 'yang' menjadi 'yg' karena di takutkan ada beberapa kata singkatan yang bisa di interpretasikan mempunyai arti yang berbeda oleh setiap orang, begitu juga apabila perusahaan yang akan kita lamar perusahaan asing maka pergunakan juga kata baku yang benar.

Poin kedua buatlah lamaran anda jangan melebihi 2 lembar ditambah transkrip/ ijazah terakhir anda, nah bagaimana cara menulisnya, 

Lembaran pertama sampaikan asal informasi lowongan lamaran anda, contoh : "berdasar informasi yang saya baca di koran 'x' bahwa perusahaan yang bapak pimpin membutuhkan tenaga 'penulis/newsfeed' maka saya ingin mencalonkan diri untuk menempati posisi tersebut" kemudian tuliskan juga alasan keinginan/passion anda untuk bergabung dengan perusahaan yang akan anda lamar setelah itu tuliskan juga pengalaman anda di bidang itu (jangan coba-coba mencantumkan pengalaman yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan posisi yang akan anda lamar) dan di akhiri dengan penutup yang menggambarkan betapa anda ingin bergabung dengan perusahaan yang ingin anda lamar dan ingin lebih menunjukan kemampuan anda saat interview / wawancara nanti.

Lembaran kedua berisi tentang curiculum  vitae atau riwayat hidup anda (nama, tempat tanggal lahir, alamat kontak anda, sejarah pendidikan, pengalaman, kemampuan lainnya) disini saya coba menekankan di beberapa poin saja untuk pengalamam boleh di isi dengan pengalaman organisasi (ini akan menambah nilai tambah kita yang menggambarkan kita mampu bersosialisasi dengan baik tetapi jangan terlalu banyak sampai di rasa cukup saja) untuk pengalaman kerja cantumkan pengalaman-pengalaman anda selama bekerja di perusahaan sebelumnya, kalau pengalaman anda lumayan banyak sebaiknya lebih di tekankan pada pengalaman yang berhubungan dengan posisi dan lowongan yang akan anda lamar contoh anda melamar menjadi akunting perusahaan maka lebih di utamakan untuk menuliskan pengalaman atau kemampuan akunting anda meskipun misalnya anda juga cukup ahli dalam bidang olah raga cukup satu saja pengalaman olah raga anda yang di cantumkan, untuk fresh graduate atau yang baru lulus bisa di cantumkan pengalaman Magang/PKL/PSG dan terakhir kemampuan lainnya yaitu kemampuan yang tidak di wajibkan tetapi kemampuan ini akan lebih memudahkan kita dalam pekerjaan seperti kemampuan bahasa inggris/bahasa asing lainnya, kemampuan mengoperasikan komputer.

Beberapa poin yang sudah saya jelaskan di atas maksud dan tujuannya adalah agar pihak rekrutmen mau memanggil anda, untuk tahap tes selanjutnya tergantung kemampuan anda dalam mengerjakan tesnya.

Nah itulah beberapa contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar, selamat belajar membuat lamaran pekerjaan apabila ada pertanyaan atau tambahan silahkan mengisi kolom komentar.

nb: untuk contoh full text lamaran akan segera kami cantumkan

Terima kasih

2 komentar untuk "Contoh Surat Lamaran Kerja"

  1. personal injury lawyer virginia hey require details about the applicant's experience, the program they applied for, and any challenges they encountered. They suggest focusing on personal experiences, being honest, specific, and proofreading the comment. They also mention that the review was for the 2019-2020 admissions process and should be tailored to the target audience.

    BalasHapus
  2. I recently came across this insightful article on crafting the perfect job application letter, and it has truly inspired me! The author provides valuable tips and examples that can greatly improve one's chances of landing their dream job. Kudos to Mas Bilal for sharing such an informative and helpful guide!
    abogado delitos sexuales nueva jersey
    Reckless Driving New Jersey
    Driving Without A License New Jersey

    BalasHapus