Cara Restore Whatsapp Chat Secara Online dan Offline

Baca Juga

Restore Whatsapp Chat

Cara restore whatsapp chat secara Online dan Offline - Teknologi berkriim pesan terus berkembang mengikuti irama perkembangan jaman, dimulai dari sms yang menggunakan biaya pulsa untuk pengiriman pesannya (bahkan ada beberapa operator yang saat ini masih menjual pulsa khusus sms) sampai pada trend berkirim pesan secara online menggunakan kuota atau koneksi internet baik itu dengan aplikasi BBM, Line, Whatsapp, dan lain sebagainya. kali ini masbilal akan mencoba menuliskan tentang trik atau cara restore whatsapp chat secara online dan offline.

Cerita penulisan ini di mulai dari ada yang menanyakan kepada masbilal bagaimana cara untuk berpindah whatsapp dari satu handphone ke handphone yang lain, dan di harapkan semua datanya bisa restore atau sama seperti di hp sebelumnya dalam artian perpindahan ini di harapkan sempurna  jadi tampilan di handphone barunya nanti sama persis seperti tampilan di hp lamanya seperti yang tidak pernah terjadi ganti hp, maka masbilal pun mencoba mencari tahu dan setelah mencari di beberapa forum dan penjelasan dari website resminya ternyata ini cara restore chat whatsapp dengan singkat dan mudah.

Cara restore chat whatsapp secara online

Pada pengaturan whatsapp terdapat fitur untuk mencadangkan chat / backup chat ke google drive, cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk di lakukan jadi kita tinggal membackup / membackup semua data percakapan whatsapp kita dan nanti setelah kita berpindah hp kita tinggal mengimpor semua data percakapan kita dari google drive.

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan apabila anda mencoba menggunakan cara restore chat whatsapp secara online :
  1. Pastikan akun google untuk membackup dan merestore adalah akun yang sama
  2. Untuk alasan keamanan, whatsapp tidak melindungi data anda yang di backupkan di google drive karena datanya tidak di enkripsi end to end seperti data yang masih ada di aplikasi
  3. Untuk whatsapp yang belum pernah melakukan pembackupan / pencadangan data maka prosesnya akan memakan banyak waktu karena proses backup whatsapp chat nya akan di mulai dari backup percakapan dan backup media yang ada di sana (backup foto dan suara; untuk backup video ada pilihannya lagi apakah akan di backup atau tidak)
  4. Apabila sudah di lakukan pembackupan data dan ternyata anda mengalami kegagalan upload ketika proses backup whatsapp chat ke google drive maka ada 2 solusi untuk mengatasi hal ini, pertama anda menambah kapasitas google drive (google drive gratis hanya 15GB) karena ada kemungkinan kapasitas google drive anda penuh  atau anda coba lakukan backup whatsapp chat nya secara offline.

Cara restore chat whatsapp secara offline

Cara ini adalah cara yang di gunakan oleh masbilal ketika mencoba merestore chat whatsapp atau merestore percakapan yang gagal untuk di backupkan di google drive. Jadi ceritanya ketika akan  di pindahkan akun whatsappnya dari 1 satu hp ke hp lain di hp pertama (whatsapp yang akan di backup) selalu gagal ketika akan membackup data ke google drive, dan ini yang masbilal coba lakukan :
  1. Hp lama yang akan di pindahkan data percakapan whatsappnya kita sebut HP A , Hp baru yang akan menerima pindahan data chatingannya kita sebut Hp B
  2. Backup whatsapp chat  Hp A ke google drive sampai akhirnya tampil failure / gagal / sampai persentase backup tidak bergerak lebih dari 10 menit
  3. Matikan data seluler dan wifi Hp A
  4. Di Hp B install whatsapp kemudian login dengan nomer hp anda, nanti akan ada verifikasi berupa kode sms ke hp anda, masukan kode sms verifikasi di kotak verifikasi whatsapp dan login seperti biasa, apabila ternyata whatsapp mendeteksi adanya data percakapan yang bisa di pulihkan, silahkan di coba di pulihkan dan perhatikan chatingannya apakah sempurna? jika sempurna maka selesai prosesnya sampai di sini, jika tidak maka keluar dari aplikasi whatsapp.
  5. Buka aplikasi file explorer/file saya/file manager di hp A kemudian coba cari folder whatsapp (biasanya di penyimpanan internal, kalau tidak ada foldernya anda bisa mencarinya di penyimpanan external) setelah ketemu folder whatsapp cari folder database dan masuk ke folder1 database ini nanti akan di tampilkan beberapa file crypt12 (untuk whatsapp versi lama mungkin ada juga yang masih crypt 9, crypt 10 atau crypt 11) file yang akan kita cari adalah msgstore.db.crypt12 file ini adalah file chatingan anda yang terakhir di backupkan secara offline oleh aplikasi whatsapp, mungkin anda juga akan menemui file crpyt12 lain karena whatsapp memang membackup data secara offline dan format filenya adalah msgstore-TTTT-BB-DD.1.db.crypt12 jadi anda mungkin akan menemui file msgstore-2018-05-05.1.db.crypt12 (ini adalah file backup percakapan per tanggal 5 mei 2018).
  6. Uninstall whataspp di Hp B setelah itu pindahkan file msgstore.db.crypt12 dari Hp A ke Hp B (filenya di simpan di folder database whatsapp Hp B)
  7. Install kembali whatsapp di Hp B dan login dengan nomer anda (Jika anda mengalami kegagalan karena tidak bisa di kirimi verifikasi kode anda bisa memilih menu "panggil saya" nanti pihak whatsapp akan menelpon dan memberi tahu kode verifikasi anda (suara robot)
  8. Masukan kode verifikasi nanti aplikasi akan memberitahu bahwa ada data chatingan baru yang bisa di pulihkan apakah anda ingin memulihkan datanya? tekan ya
  9. selesai, silahkan cek chatingan anda

Catatan :
Apabila anda mengalami kehilangan akun whatsapp maka cara mengembalikan akun whatsapp cukup melakukan login ulang menggunakan nomer hp anda dan nanti akan di kirimkan kode verifikasi ke nomer anda (via sms / telp)

Demikian cara restore whatsapp chat secara online dan offline, apabila ada yang ingin di tanyakan silahkan mengisi kolom komentar, jika di rasa postingan ini bermanfaat jangan lupa untuk di bagikan. Terima kasih

Subscribe untuk update terbaru:

0 Response to "Cara Restore Whatsapp Chat Secara Online dan Offline"

Posting Komentar