Cara Penggunaan Rumus Excel IF Dan Rumus Pengurangan Excel

Baca Juga

Cara Penggunaan Rumus Excel IF Dan Rumus Pengurangan Excel

Cara penggunaan rumus excel IF dan rumus pengurangan excel - Microsoft excel saat ini banyak di pakai untuk mengerjakan perkerjaan yang berhubungan dengan akuntansi atau kegiatan matematika berhitung, kumpulan rumus excel yang cukup banyak menjadikan aplikasi ini menjadi primadona apabila kita akan mengerjakan akuntansi standar, beberapa rumus excel yang paling terkenal adalah rumus excel sum, rumus excel if, rumus pengurangan excel, rumus excel penjumlahan antar kolom, rumus excel vlookup, rumus penjumlahan dengan kriteria dan masih banyak lagi, kali ini masbilal akan menuliskan pengalaman masbilal dalam cara menggunakan rumus excel if dan rumus pengurangan excel.


Rumus excel if adalah rumus yang di gunakan dalam aplikasi excel untuk membuat sebuah perbandingan logis dari suatu kondisi antara dua nilai atau lebih dan akan memutuskan aksi selanjutnya jika hasil perbandingannya true (benar) atau false (salah).

Sintak penggunaan format IF

rumus excel if


IF (perbandingan sebuah logika; [hal yang akan di lakukan jika logikanya benar]; [hal yang di lakukan jika logikanya salah])

Format perbandingan logika biasanya menggunakan sistem perhitungan =, < , > , <=, >=, dan lain sebagainya

Sebagai contoh apabila kita akan mendata nilai semua siswa di dalam sebuah kelas menjadi lulus atau tidak maka kita tentukan dulu parameter kelulusannya, misal semua yang bernilai lebih dari 75 lulus dan semua siswa dengan nilai 0-74 di anggap gagal maka secara analoginya kita bisa memfilter/menyaring dengan >= 75 (lulus) dan bagi siswa yang mendapat nilai di bawah itu gagal maka format rumus yang di gunakan adalah

IF([kolom nilai >=75]; kolom hasil akan menampilkan hasil lulus; kolom hasil akan menampilkan hasil tidak lulus)

Contoh di atas rumus excel if nya akan membatasi penilaian sampai nilai 75 untuk siswa yang lulus selain ini maka nilai yang akan tampil gagal, untuk perbandingan bertingkat seperti kita akan mengkoreksi 2 nilai dan apabila salah satunya gagal maka menghasilkan nilai gagal maka kita bisa menggunakan rumus bertingkat (2 rumus excel if sekaligus)

Sintaknya adalah sebagai berikut :

IF (kolom nilai pertama>75;IF(kolom nilai kedua>75;"LULUS";"TIDAK LULUS");"TIDAK LULUS")

Dan perhitungan rumus excel if ini bisa bertingkat sampai maksimal sebanyak 64 tingkat jadi kita bisa mencoba untuk membandingkan sebanyak 64 kolom sekaligus dengan rumus excel IF ini.

Rumus pengurangan Excel

Untuk Rumus pengurangan excel sebetulnya cukup mudah meskipun tidak semudah rumus excel sum karena rumus excel sum memiliki shortcut sum di menu formula dengan gambar sigma [ Σ ] sehingga akan sangat memudahkan kita dalam membuat rumus excel penjumlahan antar kolom yang bisa di lakukan dengan hanya menarik kolom mana saja yang akan di jumlahkan.

Rumus pengurangan excel bisa di buat dengan cara langsung mengurangi antar tabel dengan menggunakan operator minus (-) sebagai rumusnya. Contoh :
 
rumus pengurangan excel

Gambar di atas merupakan contoh pengurangan sederhana antar kolom dalam excel. jadi rumus penguruangan excel cenderung lebih mudah di gunakan tidak seperti rumus excel IF yang membutuhkan logika dan pembandingan nilai dalam penggunaannya. sebenarnya penggunaan rumus pengurangan ini juga sama mudahnya dengan rumus excel perkalian, rumus excel pembagian, rumus excel sum (tanpa shortcut) dimana untuk perkalian kita bisa menggunakan simbol asterisk (*) untuk operator perkaliannya (bukan huruf X), untuk operator pembagian kita bisa menggunakan slash (/) sebagai operator pembagi antar 2 kolom atau lebih dan untuk operator penambahan tanpa shortcut kita bisa menggunakan operator plus(+).

Demikian beberapa tulisan tentang cara penggunaan rumus excel IF dan rumus pengurangan excel, apabila ada yang ingin di tanyakan silahkan mengisi kolom komentar dan apabila di rasa tulisan ini bermanfaat silahkan untuk di bagikan. Terima kasih

Subscribe untuk update terbaru:

0 Response to "Cara Penggunaan Rumus Excel IF Dan Rumus Pengurangan Excel"

Posting Komentar