Buah Naga Kuning

Baca Juga


buah naga kuning

Buah Naga Kuning merupakan salah satu varian warna dari buah naga yang keberadaannya masih jarang atau langka dan kalau kita menemukan di pasaran pun harganya lumayan cukup mahal hal ini mungkin di karenakan stok ketersediaan di pasarnya juga yang masih belum belum begitu banyak

Di beberapa outlet pasar  modern di daerah Jakarta stok dari buah naga kuning ini sendiri masih jarang dan harga buah naga kuning per kilo berkisar sekitar Rp  100.000/kilo. Kekurangan supply dari buah naga kuning ini sendiri lebih di karenakan lambatnya masa pertumbuhannya di bandingkan dengan buah naga warna lain, tektur akar yang sedikit dan batangnya yang lebih kecil di banding buah naga yang lain, dan ukuran untuk buahnya sendiri lebih kecil dari ukuran buah naga biasanya.

Di Indonesia sendiri ada kabar dari para petani jember yang berhasil membudidaya buah naga kuning jember yang di kembangkan oleh Asrofatul Uswatun. Dengan keuletan dan kegigihannya petani ini berhasil membudidaya buah naga kuning di wilayah desa sidomulyo kecamatan semboro, dengan diawali oleh 50 tiang buah naga kuning samapai akhirnya berhasil membudidaya buah naga nkuning mencapai angka 200an, untuk pendapatan panen dari buah naga kuning sendiri perminggu asrofatul berhasil memanen 25 – 50 kg dengan harga jual buah naga kuning per kilo di angka 100.000an.

Untuk anda yang berminat untuk bertani buah naga kuning sebenarnya prosesnya tidak begitu sulit, hal yang sulit mungkin hanya pada saat pencarian bibit buahnya saja, dan untuk trik mempercepat proses pertumbuhan dari buah naga kuning ini dapat di akali dengan menyambungkan batang buah naga kuning dengan batang dari buah naga lain caranya adalah batang buah naga kuning batang bawahnya menggunakan batang dari buah naga merah.

Teknik grafting atau teknik penyambungan dengan menyambungkan batang buah naga merah memungkinkan percepatan proses pertumbuhan  buah naga kuning dan buah naganya sendiri bisa lebih cepat dalam proses berbuah. Untuk jangka waktu standar proses berbuahnya buah naga ini adalah 1,5 – 2 tahun tapi dengan mengikuti proses penyambungan tadi buh naga bisa berbuah hanya dalam jangka waktu 9 bulan saja.

Untuk pemupukan sebaiknya menggunakan pupuk organic yaitu pupuk yang berasal dari kotoran hewan seperti ayam atau sapi karena pupuk jenis ini mempunyai kandungan N yang lumayan tinggi dan kelebihan dari pupuk ini sendiri nanti ketika di panen buah naga kuning akan terasa lebih manis dan lebih tahan terhadap kebusukan atau dalam kata lain lebih tahan lama.

Meskipun buah naga masuk dalam keluarga tumbuhan kaktus tidak serta merta buah naga tidak membutuhkan air, karena kandungan terbesar dari buah naga sendiri yaitu air, maka untuk anda yang berminat membudidayakan buah naga baik di pot atau di pekarangan kebun depan rumah buah naga sebaiknya di siram 1 x ketika pagi hari dan bila sedangan mengalami kemarau bisa di tambah menjadi 2x yaitu pagi dan sore sedangkan untuk musim penghujan buah naga tidak perlu di siram lagi.

Selain di ambil manfaat dari buahnya,buah naga juga bisa kita manfaatkan bagian kulit dan extract dari dari daun buah naga yang bisa mebghambat pertumbuhan dari sel tumor dan menambah kelenturan pembuluh darah dari tubuh kita.

Nilai tambah dari buah naga kuning adalah kandungan nutrisi yang lebih baik dari buah naga sejenisnya dan untuk rasa sendiri buah naga kuning memiliki rasa lebih manis karena kandungan fructose dan sakrosanya lebih tinggi.

Subscribe untuk update terbaru:

0 Response to "Buah Naga Kuning"

Posting Komentar